Saturday, November 16, 2013

Belajar apa aja sih DKV itu?

   


        Selamat Malam sobat ,Bertemu kembali dengan saya ,malam ini saya akan membahas tentang ,apa aja sih yang di pelajarin anak DKV?  
Oke sebelum masuk ke pembahasan saya akan cerita pengalaman saya sedikit ,dulu sebelum masuk dan resmi jadi Mahasiswa DKV . waktu SMA saya suka sekali menggambar-gambar pake coreldraw  karena dengan coreldraw itu kita bisa bebas berekspresi ,tentang apa aja pkoknya langsung saya tuangin ke corel draw,selain coreldraw saya juga sangat suka sekali edit-edit pake photoshop ,anak-anak yang suka edit foto pasti kenal dengan apa sih Photoshop?  apalagi anak DKV pasti sangat kenal dengan Photoshop,meskipun hanya kenal,makenya sih belum tentu ..hehehe
setelah lulus SMA dengan gelar jurusan IPA saya coba-coba ikut test SNMPTN ke beberapa universitas negeri , tapi sayangnya belum ada yang nyangkut satupun .hahaha
tapi ga msalah deh ..hxhx  kemudian saya ketemu dengan universitas komputer indonesia ,dan setelah saya lihat ,apa aja sih yang ada di universitas komputer indonesia itu ,ternyata di univesitas ini punya banyak sekali jurusan , ada jurusan ekonomi,hukum,teknik komputer,teknik informatika ,DESAIN dll masih banyak pkoknya ,dari setiap jurusan tersebut di bagi lagi beberapa aspek atau sub, oke di sini saya membahas tentang desain jadi saya akan membahas tentang jurusan Desain di unikom ,di jurusan ini di bagi menjadi dua pilihan yaitu jurusan Desain Komunikasi Visual dan Desain interior .
       dan akhirnya saya pilih DKV karena saya sangat suka dengan dunia seni. hehe
pertama masuk kuliah saya  di ospek selama satu minggu , di unikom ospeknya sangat asik sekali ,berbeda dengan universitas-universitas yang lainya ,kebanyakan kalau ospek itu ,di pemalukan ada yang pake topi ember,tali sepatu rapia,pkoknya yang aneh2 aneh dah ..
 di  unikom ini kita malah kebalikanya,kita sangat rapi menggunakan baju kemejaputih dan celana hitam, pake dasi hitam + sepatu hitam ,(lebih mirip pegawai Indo*aret) sih .. hehehe
tapi itu gk masalah , tapi di ospek kemarin di situ saya sangat kagum dengan BEM unikom ,karena mengundang anak-anak jalanan untuk menghibur kita ,dan sekaligus membuat kita menjadi orang yang harus lebih peduli dengan sesama manusia, terutama dengan orang yg kurang beruntung sperti mereka , dan hari trakhir ospek MABA unikom ,Bakti Sosial di sekitar unikom , itu juga sangat asyik ,karena kita merasa lebih dekat dengan alam . :D

oke ospek sudah terlewati dan kuliahpun di mulai .. saya masih bingung apa aja sih belajarna ya nnti ?(selalu begitu yang terpikirkan)
pertama masuk kuliah pada minggu-minggu awal  kita masih perkenalan ,dan minggu selanjutnya saya baru dapet jadwal kurikulum ,. jreng ...jreng... jreng..

        sempat terfikirkan ,nanti kuliah di DKV saya bakalnya belajar banyak tentang software-sofware desain ni seperti coreldraw,adobe in design,adobe ilustrasi  dan termasuk Photoshop , dan setelah saya baca jadwal kurikulum ternyata .... hanya 2 dari 7 matakuliah yang kuliahna menggunakan software ..dan selebihnya MANUALLL ..
dan ini jadwal kurikulum 2013 unikom..


  Oke di situ kita bisa lihat apa aja sih yang di pelajari anak DKV, mungkin untuk selengkapnya nanti di postingan selanjutnya saya akan bahas satu persatu ..
   dari jadwal kurikullum tersebut saya bisa rasain , pokonya kuliah DKV di unikom itu sangat asyikk , Pasti gak bakal nyesell dah belajar DKV di unikom .. dosenya juga sangat asyik dan gaul ,apalagi dosen menggambar ,itu sangat Sohib dengan saya ..hehe 
Semoga Dari sedikit cerita ini ,bisa membuat sedikit Inspirasi buat anak2 DKV ,terutama buat anak-anak SMA yang masih GALAU cari Jurusan Di kuliah   ,ini salah satu pilihan yang sangat bagus terutama buat anak yang suka seni .. hehe 

oke mungkin sekian dulu dari saya ,semoga berguna kisah saya ini ..  :)

Thankss Salam DEKAVE .


32 comments:

  1. Bang itu di DKV unikom belajar matematika ga sih. ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di unikom itu ,DKV nya Anti-matematika brother :v
      yang ada ,suruh maen terus sama dosenya ,biar dapet inspirasi katanya . asyik bro .. nugas sambil maen :D

      Delete
  2. Ka terus kalo yang mau masuk DKV tapi mulai dari 0, gimana tuh?

    ReplyDelete
  3. Ka terus kalo yang mau masuk DKV tapi mulai dari 0, gimana tuh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gk masalah Nenda :) , saya juga mulai dari 0 ko (kaya ngisi bensin :D) . Kalau di kampus saya sih ,belajarnya bner2 dari 0 jadi semuanya di ratain ,mau yg jago juga pasti belajar dari dasar . Gtu ..

      Delete
  4. Replies
    1. Seiring perkembangan jaman dan teknologi,sekarang kita hidup di jaman serba teknologi ,serba online gan , otomatis produk2 juga semakin banyak , di situ juga peluang kerja kita makin besar sebagai anak desain bro, saya cuman kasih gambaran keci aja, nantinya kita bisa bekerja di agency periklanan,komikus, viografi ,fotografi, atau Branding identifikasi ..
      pling cmn itu aja yg bisa ane sampein :D

      Delete
  5. bang saya sedikit sedikit bisa gambar. tapi saya suka minder kalo ketemu orang yg bisa di bilang maestro. nah solusinya dong bang gimana?

    ReplyDelete
  6. bang saya sedikit sedikit bisa gambar. tapi saya suka minder kalo ketemu orang yg bisa di bilang maestro. nah solusinya dong bang gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ,saya juga gitu ko pas awal masuk kuliah shabrina .. saya juga masuk dkv ,blm bsa gambar bagus, bisa di bilang jelek :D
      tapi lama kelamaan sih ,malah kepacu sendiri ko ,pasti kamu juga nantinya bisa jadi bagus gambarnya .
      sebenarnya sampe skrngpun saya kurang jago dalam menggambar manual,karena memang bukan pasion saya , saya lebih fokus ke digital multimedianya ,jadi misalnya kamu ngerasa kurang baik dalam menggambar, kamu asah trs aja skil yang kamu sukai :)

      karena di dunia DKV luas baanget ko, bukan hanya ilustrator aja yh harus jago gambar manual. tergantung kamu ambill & fokus apa yang kamu sukai :)

      Delete
    2. gan punya kontak yang bisa di hub FB / gmail ? ingin tanya" lebih nih tentang unikom/DKV

      Delete
    3. Maaf gan ,baru bisa bls .. sibuk UAS haha :D
      ni email saya , Faishalmajid40@yahoo.com

      Delete
    4. This comment has been removed by the author.

      Delete
  7. Kak saya mau masuk dkv unikom juga nih, cuman berhubung dana nya pas2an dan emang dkv itu lumayan keluar uangnya, terutama buat kamera dll itu wajib banget kak tiap individu untuk punya?

    Terus untuk HI nya unikom itu gimana ya kak? Hehe terimakasih kak sebelumnya

    ReplyDelete
  8. Kak saya mau masuk dkv unikom juga nih, cuman berhubung dana nya pas2an dan emang dkv itu lumayan keluar uangnya, terutama buat kamera dll itu wajib banget kak tiap individu untuk punya?

    Terus untuk HI nya unikom itu gimana ya kak? Hehe terimakasih kak sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaff bangettt ya baru balesss ,soalnya baru buka lagi ,sibuk smester2 akhir :D

      Ga begitu makah ko ,relatif ,malah unikom sih tergolong murah :)
      buat kamera dll ,ga bagitu wajib ko ..:)

      Delete
  9. Misi bang, ane anak MA kelas 2 nih, bingung klo dah lulus mau milih jurusan apa? Tpi ane emang dari dulu suka nggambar manual, tpi klo digital ane blom bisa itu bisa nggak klo ke kulianya ambil dkv, soalnya ane ngindarin yang namanya ngitung" ��

    ReplyDelete
  10. Misi bang, ane anak MA kelas 2 nih, bingung klo dah lulus mau milih jurusan apa? Tpi ane emang dari dulu suka nggambar manual, tpi klo digital ane blom bisa itu bisa nggak klo ke kulianya ambil dkv, soalnya ane ngindarin yang namanya ngitung" ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. sory baru bisabls gan bagus , Oh jika memang agan suka menggambar manual itu menjadi kelebihan agan , untuk masuk DKV ga wajib bisa Digital ko ,nanti akan belajar semua dari NOL ,mulai menggambar manual dan kemudian ke digitalnya ,.
      asyik dah menurut saya sih dunia DKV ..:)

      Delete
  11. Kak , saya mau tanya nih. Tadi katanya kan kalo di dkv lebih banyak gambar manual nya.. Nah kira2 berapa persen ya tingkat keseringan kita gambar dgn objek makhluk hidup (orang,hewan) dibandingin dgn gambar yg lain ? Karna dkv kan jg beljar gambar nirmana, perspektif,dll.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai lovina, sebelumnya saya ucapakan terimakasih sudah mengunjungi blog sederhana ini :)

      Untuk menggambar makhluk hidup, hanya sedikit persentasinya, paling 10-15% dari mata kuliah menggambar. karena untuk mata kuliah menggambar juga hanya 2 semester jd ga begitu banyak materi :)

      Delete
  12. utk rambut harus rapih atau cepak gitu ya?

    ReplyDelete
  13. wahh jadi pengen pindah jurusan kwkw

    ReplyDelete
  14. misi bang sori agak telat baca blognya. mau nanya klo d dkv banyak disuruh bikin kayak kerajinan gt gak bang kayak misalnya dari kardus atau barang bekas?
    oh ya terus saya juga baca nanti juga disuruh beli laptop khusus dan kamera gt itu bener gak ya?

    ReplyDelete
  15. misi bang sori agak telat baca blognya. mau nanya klo d dkv banyak disuruh bikin kayak kerajinan gt gak bang kayak misalnya dari kardus atau barang bekas?
    oh ya terus saya juga baca nanti juga disuruh beli laptop khusus dan kamera gt itu bener gak ya?

    ReplyDelete